Labels

Senin, 14 November 2011

MEMANDANG MASA DEPAN


Oleh :
Yan Salam Wahab

Seperti apakah masa depan yang dirancang Pemerintah untuk masa depan pembangunan ?. Memperhatikan hasil pembangunan selama ini serta menyadari tantangan masa depan global yang harus diatasi, Pemerintah merumuskan Visi idealitas kehidupan masa depan. Secara ringkas gambaran masa depan yang ingin kita tuju dalam beberapa segi pokoknya adalah sebagai berikut:
Dengan laju pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi diperkirakan tingkat kesejahteraan masyarakat akan meningkat cukup berarti. Volume ekonomi yang demikian akan menjadi pasar yang dinamis serta akan menjadi pendorong bagi pertumbuhan produksi. Dengan dinamika ekonomi seperti itu, proses transformasi struktural akan terus berlangsung. Akan tetapi sektor pariwisata dan pertanian masih merupakan tumpuan dengan pariwisata dan pertanian berbudaya industri. Proses tesebut nantinya akan mendorong terbentuknya lapisan menengah yang makin kuat, yang akan menjadi tulang punggung perekonomian yang makin handal karena perbaikan struktur dunia usaha. Dalam dunia usaha tercipta keseimbangan yang adil antara usaha besar, menengah dan kecil serta terciptanya kerjasama di antaranya.
Lembaga-Iembaga ekonomi penting dalam masyarakat harus sudah berfungsi dengan mantap dan bekerja efisien. Kemandirian dalam pembiayaan pembangunan harus tercapai dengan bukan lagi sebagai daerah penerima pinjaman lunak atau tidak lagi tergantung pada bantuan.
Masalah kemiskinan absolut harus terselesaikan, kemajuan ekonomi dan upaya-upaya untuk menanggulangi kemiskinan selalu digencarkan. Kesenjangan pembangunan antar golongan dan antar daerah secara sistematis dan konsisten juga akan makin berkurang. Kesejahteraan rakyat yang makin meningkat juga akan tercermin pada derajat kesehatan dan pendidikan yang semakin baik serta produktivitas SDM juga akan meningkat.
Secara keseluruhan proses transformasi ekonomi akan berjalan bergandengan dengan transformasi budaya. Masrarakat Kerinci pada akhir nya nanti harus berpendidikan lebih tinggi, lebih sehat, makin cerdas dan pekerjaannya makin terspesialisasi.
Pada tahun mendatang, kualitas demokrasi akan makin meningkat sebagai hasil dari peningkatan kualitas lembaga-lembaga sosial politik serta kualitas pelakunya. Kehidupan masyarakat makin transparan akan tercermin bukan hanya di bidang ekonomi, melainkanjuga dalam kehidupan masyarakat umumnya termasuk bidang politik. Persatuan dan kesatuan yang pada dasarnya telah terjalin dengan kukuh sehingga kemajemukan telah menjadi modal dan kekuatan bangsa dan bukan menjadi penyebab perpecahan.
Dalam bidang hukum akan semakin mampu menjamin kepastian, ketertiban, penegakan, dan perlindungan hukum yaitu berintikan keadilan dan kebenaran. Birokrasi pemerintah juga akan meningkat kualitas kinerjanya sebagai hasil dari perbaikan kualitas SDM, kesejahteraannya serta penyempurnaan dalam kelembagaannya. Dengan wujud masa depan demikian Kabupaten Kerinci sudah akan menjadi daerah yang maju dan modern dan berdiri di atas landasan kemandirian.

0 komentar:

Posting Komentar

KLIK BENDERA UNTUK MENGALIHKAN BAHASA
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified