Labels

Jumat, 10 Februari 2012

Karakteristik Seorang Pemimpin Idaman

Oleh :
Prof. DR. H. Anas yasin, MA
(Guru Besar, Dosen Pasca Sarjana UNP)
Kabarnya Kerinci bakal sibuk ke dalam suasana "mem-bidik" siapa yang akan memimpin Kabupaten Kerinci sesudah masa jabatan Bupati yang sedang memegang tampuk kekuasaan saat ini. Ada baiknya kita sama-sama memberikan saran dalam melakukan kegiatan "pem-bidik-an calon pemimpin" tersebut.
Perlu saya tekankan bahwa tulisan saya ini tidak bermaksud untuk mendukung atau tidak mendukung siapa saja yang berkepentingan dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Kerinci, tetapi tulisan ini tercurah dari hati yang tulus agar penyimpangan-penyimpangan dalam pemilihan agar tidak terjadi.
Dalam pemilihan calon pemimpin di mana saja di dunia ini, ada kelompok yang biasa disebut "tim sukses", Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Calon Pemimpin bersama Wakil Calon Pemimpin (dalam hal ini: pemimpin = bupati). Tinjauan berikut ini merupakan pandangan umum dan saran juga secara umum yang ditujukan sebagai masukan bagi pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati Kerinci mendatang.
1.   Tim Sukses.
Tim sukses sebenarnya mempunyai pengertian lebih luas. Mereka bukan saja sebuah tim yang berusaha secara material agar calon pemimpin mereka berhasil dalam mengumpulkan suara. Lebih dalam lagi, tim sukses adalah sekelompok orang yang sanggup mengarahkan calon pemimpinnya kearah yang diinginkan masyarakat untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat tersebut agar calon pemimpin tersebut dipilih masyarakat. Tim sukses harus mampu mengarahkan calon pemimpin ke arah penawaran visi, misi, strategi, kebijakan, dan program kerja yang sederhana yang menyentuh kepentingan masyarakat, di samping calon pemimpin itu sendiri tentu saja mempunyai gagasannya sendiri pula. Karena itu, tim sukses haruslah terdiri dari orang-orang yang tidak hanya pandai berbicara mempengaruhi masyarakat untuk mebujuk mereka supaya memilih seorang calon yang akan memimpin, tetapi tim sukses sendiri juga harus mengerti dengan visi, misi, strategi, kebijakan, dan program kerja calon yang didukungnya di samping mereka sendiri punya wawasan yang luas.

Dalam menghadapi masyarakat, tim sukses harus memperlihatkan bahwa mereka mempunyai keingin untuk membentuk hubungan yang harmonis terhadap anggota dan masyarakat dari tim lain. Tim sukses jangan sampai mencetuskan perpecahan dalam masyarakat sehingga kadang-kadang antar anggota keluarga sekalipun bisa terjadi perpecahan. Bahasa yang digunakan oleh tim sukses hendaklah bahasa yang tidak vulgar (bahasa santun, bahasa yang dapat diterima oleh semua orang).

2. Komisi Pemilihan Umum (KPU)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah lembaga negara yang menyelenggarakan pemilihan umum di Indonesia, yakni meliputi Pemilihan Umum Anggota DPR/DPD/DPRD, Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, serta Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. Tugas utama KPU adalah menjaga agar pemilu (kada) berjalan dengan lancar; menjaga agar daftar pemilih tidak bermasalah, memaksimalkan kinerja, menjaga agar tidak kekurangan logistik baik surat suara maupun perlengkapan lainnya; mengingatkan agar Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS ) agar pemilih mencelupkan jarinya pada tinta sidik jari supaya tidak terjadi tumpang tindih pemberian suara; menjaga agar surat suara tidak bermasalah. Anggota KPU sebaiknya meminta data pelanggaran yang ditemukan Panwaslu disampaikan secara detail. Kekurangan logistik, misalnya, harus dilihat dari pengepakan ketika di KPU serta dicek dari berita acara pengiriman dan penerimaan logistik. KPU tentunya merupakan tim yang selalu bersifat netral terhadap calon pemimpin yang mau dipilih. Jauhkanlah diri dari keinginan untuk berusaha mencari jalan untuk memihak kepada satu calon pemimpin.


3. Calon Pemimpin dan Wakilnya

Sebagai calon pemimpin (bupati dan wakil bupati), apabila Anda dapat menunjukkan kemampuan kepemimpinan Anda, orang-orang di sekitar Anda akan menyadari potensi yang Anda miliki. Anda juga akan menikmati peningkatan kepercayaan diri mengenai kemampuan Anda tersebut.

Menjadi seorang pemimpin bukan hanya tentang memberi perintah kepada orang lain apa yang harus mereka lakukan. Tetapi tentang menanamkan dalam pikiran orang lain bahwa Anda memang pantas menjadi pemimpin mereka. Dan mereka mengikuti perintah Anda bukan karena mereka harus, tetapi karena mereka ingin.


Berikut ini adalah karakteristik yang semestinya dimiliki oleh seorang pemimpin:
1)      Kepemimpinan di luar lingkungan kerja mengindikasikan kualitas kepemimpinan di dalam lingkungan kerja.
2)      Kemampuan untuk menciptakan visi dan mencapainya.
3)      Merasa terpanggil untuk menghadapi tantangan.
4)      Tertantang oleh perasaan tidak puas terhadap keadaan.
5)      Mempunyai kepercayaan bahwa ada suatu cara yang lebih baik
6)      ntuk melakukan sesuatu.
7)      Mempunyai kemampuan untuk membedakan ide yang dapat diterapkan dan tidak dapat diterapkan.
8)      Kemauan untuk mengambil tanggung jawab terhadap keberhasilan dan kegagalan yang dialami.
9)      Determinasi. Semangat untuk menyelesaikan sesuatu permasalahan sampai tuntas.
10)  Kemampuan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya.
11)  Mempunyai kekuatan mental yang hebat.
12)  Menghormati rekan kerja.
13)  Menghormati keluarga.
14)  Mempunyai kemampuan komunikasi yang efektif, khususnya kemampuan dalam hal mendengarkan.
15)  Mempunyai kemampuan negosiasi yang baik dan atas dasar keuntungan bersama.
Terkait dengan kepemimpin suatu daerah seperti bupati dan wakil bupati, Anda harus melihat bahwa sektor-sektor pembangunan daerah merupakan pembangunan yang tidak terlepas-lepas, tetapi terkait satu dengan yang lainnya. Contoh ari sektor-sektor tersebut adalah sektor industri, pertanian, peternakan, sosial-budaya, agama, perikanan, perdagangan, kehutanan, wisata, dan banyak lagi sektor yang harus Anda lihat secara menyeluruh, atau sekurangnya ada beberapa sektor yang saling terkait yang tidak mungkin dikembangkan secara terpisah.  
Situasi Kerinci pada saat ini kelihatannya sudah dikritik oleh berbagai sumber baik dari masyarakat maupun media massa. Anda yang akan terlibat di dalam kegiatan Pemilu Kada, apakah sebagai Tim Sukses, KPU, atau sebagai calon bupati dan wakil bupati disarankan agar menjadikan NURANI Anda sebagi sumber dalam bertindak. Saya do'akan semoga Anda semua memiliki kualitas-kualitas tersebut di atas, sehingga pembangunan daerah Kerinci dapat diwujudkan sesuai dengan keinginan masyarakat Kerinci secara keseluruhan.Wassalam,


0 komentar:

Posting Komentar

KLIK BENDERA UNTUK MENGALIHKAN BAHASA
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified